Ahlan wasahlan.. di blognya Setyo

Bismillah; awal untuk memulai sesuatu

“Bacalah dengan menyebut nama tuhanmu yang menciptakan.”(QS 96; 1). Demikian wahyu pertama yang diterima oleh Muhammad bin Abdullah di dalam gua Hira, 15 abad silam. Wahyu ini sekaligus mentahbiskan Muhammad menjadi Rasulullah, utusan Allah terakhir yang menyeru manusia di muka bumi untuk mengesakan Allah.
Merujuk kepada sejarah, lafadz bismillah ternyata tidak hanya diturunkan kepada Nabi Muhammad Saw saja, nabi-nabi sebelumnya mengamalkan bacaan ini dalam segala aktifitasnya. Nabi Sulaiman a.s. misalnya memakai kalimat bismillah ketika mengawali suratnya kepada Ratu Balqis di kerajaan Saba untuk tidak menyembah matahari “Sesungguhnya surat itu, dari SuIaiman dan sesungguhnya (isi)nya: “Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang.” (an-Namal : 30)
Catatan sejarah lainnya, di zaman Nabi Nuh as, saat banjir hebat terjadi, nabi Nuh memerintahkan para pengikutnya untuk menaiki perahu sambil berkata “Naiklah kamu sekalian ke dalamnya dengan menyebut nama Allah di waktu berlayar dan berlabuhnya.” (Hud : 41)
Tidak hanya para Nabi dan rasul, umat-umat shaleh terdahulu menggunakan lafadz bismillah dalam setiap aktifitasnya. Diriwayatkan dari Ibnu Abbas, Rasulullah bersabda,“Pada saat malam terjadinya Isra’ saya mencium bau harum, sayapun bertanya, “Ya Jibril, bau harum apakah ini?”Jibril menjawab, “Ini adalah bau wangi wanita penyisir rambut putri Fir’aun (Masyithah) dan anak-anaknya.” Rasul bertanya, “Bagaimana bisa?” Jibril berkata, “Ketika dia menyisir rambut putri Fir’aun, tiba-tiba sisirnya terjatuh. Dia mengambilnya dengan membaca ”Bismillah.”
Well, ucapan bismillah Dengan nama Allah, bisa menjaga seseorang dari berbuat sesuatu yang mungkin pada awalnya baik, namun pada perjalanannya terjerumus pada keburukan. Bismillah bisa menjaga seseorang baik dari awal, ketika proses dan baik ketika akhirnya..
so, aku pun memulai penjelajahan blogku ini dengan “Bismillahirrohmanirrohiim…”
semoga blog ini bermanfaat

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s